• May 26, 2022

Tips Menghindari Kemacetan Saat Mudik Atau Berlibur

Hal yang paling meresahkan ketika mudik atau berlibur adalah terjebak dalam kemacetan. Niat awal yang ingin senang-senang malah jadi berantakan akibat macet. Waktu pun terbuang sia-sia dan segala persiapan yang sudah direncanakan terpaksa dibatalkan. Salah satu penyebab kemacetan adalah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan saat mudik memang sering sekali terjadi. Oleh sebab itu, asuransi mudik aman dapat menjadi solusi yang tepat. Sebab, halangan seperti terjadinya kecelakaan, merupakan suatu hal di luar dugaan dan tidak dapat diprediksi. Lantas, bagaimana caranya menghindari kemacetan saat mudik atau pergi berlibur? Simak tips di bawah ini.

1. Atur waktu keberangkatan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari kemacetan adalah memilih waktu keberangkatan. Terlalu santai dalam memilih waktu, dapat membuat Anda terjebak dalam kemacetan saat di perjalanan. Oleh sebab itu, seluruh persiapan harus dilakukan di malam hari atau jauh-jauh hari agar di hari keberangkatan Anda dan keluarga sudah siap melakukan perjalanan dan tidak ada yang terlupakan. Untuk mengetahui waktu yang ideal untuk berangkat, Anda perlu mencari informasi mengenai kondisi jalur yang akan dilalui secara up to date.

2. Berangkat lebih awal

Ketika arus mudik atau waktu liburan sudah tiba, sebagian besar orang memilih berangkat bersamaan. Inilah yang menyebabkan kemacetan total. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus berangkat lebih pagi dari biasanya. Bicarakan dengan keluarga Anda agar semuanya sudah siap saat waktu keberangkatan. Sehingga, semuanya berjalanan sesuai dengan rencana. Berangkat lebih awal juga membuat Anda dan keluarga lebih bisa menikmati tempat tujuan tanpa harus berdesak-desakkan dengan pengunjung yang lain.

3. Pilih jalur alternatif

Saat Anda mudik atau berlibur, pastikan untuk memilih jalur yang berbeda dari biasanya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan. Sebab, jalur yang biasa dilalui biasanya akan mengalami kemacetan akibat banyaknya pengendara lain yang memilih jalur tersebut. Berbeda dengan jalur alternatif yang hanya sedikit pengendara saja yang tahu. Apabila Anda menemukan beberapa jalur alternatif, pilihlah jalur yang aman dilalui pengendara dengan kondisi jalan yang baik. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut melalui media sosial atau bertanya ke rekan-rekan Anda.

4. Mencari info akses dan kondisi destinasi wisata

Jika ingin berlibur, Anda perlu menyiapkan segalanya dengan matang. Salah satunya adalah mencari informasi mengenai destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Datang tanpa persiapan apapun dapat merusak rencana liburan Anda. Informasi seperti kondisi jalur menuju ke sana, rute, cuaca, hingga tingkat kemacetannya perlu Anda cari tahu terlebih dahulu. Anda dapat memantu akses destinasi wisata melalui Google Maps atau aplikasi lainnya.

Itulah tips menghindari kemacetan yang dapat Anda lakukan. Berlibur sangatlah menyenangkan tanpa harus terjebak dalam kemacetan, bukan? Selamat berlibur, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *