• April 16, 2022

5 Kelebihan Karya Seni Auratic Painting Blockchain

Dunia seni mendapatkan satu tambahan aliran baru di bidang lukis yaitu Auratic Painting Blockchain. Seni lukis ini sangat menarik untuk didalami karena mengusung konsep yang sepenuhnya berbeda. Lukisan tidak dibuat dengan cat warna atau bahan pewarna pada umumnya. Lukisan dibuat dengan menggunakan blok tinta digital yang disusun secara manual.

Kelebihan yang Dimiliki

Teknik lukis digital yang satu ini dicetuskan oleh seorang seniman asal Magelang bernama Eko Budhi Purwanto. Lalu, apa yang membuat karya seni ini sungguh menarik? Berikut adalah 5 kelebihan yang ditawarkan oleh karya seni auratic painting di tengah era digital seperti sekarang:

1. Nilai Seni yang Unik

Karya auratic painting memiliki nilai seni yang unik. Keunikan ini membuatnya memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada karya seni lukis lainnya. Sebelumnya kita mengenal lukisan terbuat dari cat warna. Namun kini pewarnanya diubah menjadi tinta blok digital. Jenis pewarna ini tentu begitu unik dan menarik karena belum pernah digunakan sebelumnya.

Sang penemu auratic painting menjadikan blok tinta digital sebagai pewarna yang unik namun bisa menghasilkan lukisan yang bagus. Pewarna yang unik ini diaplikasikan secara manual. Walaupun namanya digital namun pembuatan lukisan ini tetap dilakukan manual dengan keterampilan tangan. Tidak ada platform atau tools khusus yang digunakan untuk membuat lukisan tersebut.

2. Proses Pembuatannya Menarik

Karya auratic painting atau digital ink block art membutuhkan keterampilan yang cukup tinggi. Tidak semua seniman bisa mengaplikasikan pewarna ini dan membuat lukisan yang menarik. Apalagi lukisan ini tidak dihasilkan dengan platform atau tools tertentu. Benar-benar dibutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Inilah yang membuat karya auratic painting dihargai dengan nilai tinggi.

Satu per satu tinta digital blok akan disusun dan membentuk objek lukisan tertentu. Penyusunan blok tinta tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi bagi pemula yang masih belajar dan butuh penyesuaian. Proses pembuatan karya auratic painting ini sangat menarik untuk dipelajari karena memang berbeda jauh dengan lukisan-lukisan lainnya.

3. Punya Fungsi Psikoterapi

Karya auratic painting ini tak hanya berfungsi sebagai aksesori atau dekorasi ruangan. Lukisan tersebut ternyata punya fungsi psikoterapi. Auratic painting memang diciptakan untuk membantu proses terapi pada penderita gangguan psikologi. Sang pembuat karya auratic painting membuat lukisan tersebut dengan menggabungkan aspek seni, digital dan psikologi.

Ambil saja contoh karya dari Eko Budhi Purwanto. Beberapa karyanya seperti Istana Merdeka, Jamu Gendong, dan Horse menyiratkan pesan-pesan psikologi yang kuat. Karya-karya ini menjadi media penyembuh yang efektif bagi individu yang menderita gangguan mental maupun masalah psikologi lainnya.

4. Bernilai Tinggi

Terlihat sederhana namun auratic painting membutuhkan proses pembuatan yang tidak mudah. Tak heran jika karya seni ini bernilai tinggi. Dengan nilainya yang tinggi ini maka banyak orang menjadikan karya seni auratic painting sebagai aset. Semakin bagus karyanya dan konsep yang dihadirkan maka semakin tinggi juga harga yang dapat ditawarkan.

5. Melalui Autentikasi

Lukisan digital ini ternyata harus melalui proses autentikasi. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa karya tersebut adalah asli dan memang benar-benar dibuat melalui proses penyusunan blok tinta digital. Yayasan Grahita Indonesia menjadi forum yang menampung karya lukisan auratik dan melakukan autentikasi untuk membuktikan keasliannya.

Auratic Painting Blockchain menjadi jenis karya seni yang sangat menarik saat ini. Banyak juga seniman yang tertarik untuk mendalami teknik pembuatan lukisan digital tersebut. Kini karya seni ini semakin diakui oleh masyarakat dan menjadi salah satu hasil seni yang sangat berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.