• September 19, 2022

4 Cara Hemat Bensin, Tak Perlu Panik Jika Naik Lagi

Kenaikan harga bahan bakar minyak baru-baru ini menjadi perhatian masyarakat. Oleh karena itu tindakan hemat bensin sudah sering diingatkan oleh pemerintah. 

Memang kenaikan Harganya tidak terlalu besar tapi masyarakat tetap harus membayar lebih banyak ketika mengisi BBM. Jadi ketahui cara untuk menghemat bensin yang bisa dilakukan ketika memakai kendaraan. 

Cara Hemat Bensin Kendaraan Bermotor

Bukan hanya individu saja yang bingung tentang kenaikan BBM. Namun sebuah perusahaan juga ikut memikirkan cara hemat bensin. Lalu bagaimana cara menghemat bensin? berikut ulasannya. 

Memanaskan mesin terlebih dahulu

Ternyata sangat penting untuk memanaskan mesin kendaraan sebelum memakainya. Pemanasan tersebut akan membuat putaran mesin menjadi stabil. 

Putaran mesin yang tidak stabil bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang cukup besar. Jadi, jika ingin menghemat BBM maka panaskan mesin kendaraan terlebih dahulu. 

Tetap pada batas kecepatan maksimum

Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi pengendara adalah batas kecepatan maksimum pada kendaraannya. Patuhi hal tersebut karena bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

Ketika melebihi batas maksimum kendaraan maka bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi berlebihan atau boros. 

Merawat kendaraan secara berkala

Tidak sedikit pemilik kendaraan menganggap hal ini sepele. Padahal merawat kendaraan secara berkala bisa menghemat pengeluaran bahan bakar. 

Seperti mengganti oli, membersihkan saringan, tune up secara berkala, sampai berbagai macam perawatan lainnya. 

Lakukan secara rutin supaya performa kendaraan bisa bekerja secara optimal, sehingga bisa menghemat bahan bakar.   

Memakai Shell Fleet Card

Cara yang satu ini hanya bisa digunakan untuk perusahaan saja yaitu memakai Shell Fleet Card. Kartu tersebut bisa menjadi solusi pembayaran bahan bakar. 

Hal tersebut juga menjadi solusi untuk menghindari penyalahgunaan biaya bahan bakar. Perlu khawatir karena kartu tersebut aman karena sudah dilengkapi chip dan PIN. 

Cukup mudah bukan cara untuk hemat bensin. Jangan lupa untuk berkendara secara sopan santun dan tertib lalu lintas. Pengemudi yang ugal-ugalan hanya akan membuat boros bahan bakar. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *